Selasa, 18 November 2008

Profile


EDWARD TANARI, lahir di Palopo (Sulawesi Selatan), Tanggal 11 Juli 1967. Mengawali sekolah di SD Negeri 71 Latuppa, Palopo Tahun 1973 dan menamatkan di SD dan SMP Negeri I di Kab.Sidrap yang merupakan salah satu daerah lumbung padi nasional di Indonesia Timur. Setelah tamat SMP, penulis melanjutkan pendidikan di SMA Negeri I Ujung Pandang (kini Makassar) hingga tamat Tahun 1986. Terkesan dengan kehidupan petani semasa kecil di Kab. Sidrap, penulis pun melanjutkan pendidikan S1 di Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, dan lulus pada Tahun 1991 dengan judul skripsi: ”Pengaruh Berbagai Tingkat Konsentrasi Urine Sapi dan Sitozim Terhadap Pertumbuhan Stek Lada (Piper nigrum L.)”. Kehidupannya sebagai aktifis organisasi sejak mahasiswa mengharuskannya hijrah ke kota metropolitan Jakarta Tahun 1992. Sambil menjalani kegiatan sebagai aktifis, penulis pun melanjutkan studi Pasca Sarjana di Program Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia (UI) tahun 1994 dan lulus tahun 1997 dengan judul thesis: ”Dampak Aplikasi Lumpur Limbah Industri Sebagai Pupuk Pada Tanaman” serta karya ilmiah dengan judul: ”Penegakan Peraturan Pengendalian Hama Terpadu Dalam Rangka Mewujudkan Pertanian Lestari dan Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)”.

Beberapa kegiatan dan jabatan yang pernah disandang oleh penulis antara lain:
• Staf Ahli Poksi IV Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Bidang Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Kehutanan dan BULOG, Tahun 2006-sekarang.
• Deputi II Komunitas Tumbuh Bersama (KTB) dan Badan Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (BP2ER), Tahun 2005-sekarang.
• Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (BP-PEMILU) DPP PDI Perjuangan, Tahun 2005-2010.
• Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) di era Reformasi, Tahun 1996-1998.
• Direktur Eksekutif Institut Nasional Untuk Demokrasi dan Perdamaian (INDeP) Tahun 1999-2001.
• Dewan Pendiri Aliansi Nasional Untuk Konsolidasi Demokrasi (ANKD), Tahun 2000-2002.
• Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Partisipasi Kristen Indonesia Tahun 2000-2005.
• Konsultan Community Development Kaltim Prima Coal (KPC) di Sangatta, Kutai Timur, Tahun 2002.
• Calon Legislatif PDI Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Kab. Palopo dan Luwu, Tahun 1999.
• Calon Legislatif PDI Perjuangan untuk Daerah Pemilihan Sulsel-1, Tahun 2004.
• Staf Ahli Panitia Pemenangan Pemilu (PAPPU) DPP PDI Perjuangan, Tahun 2004.
• Koordinator Tim Sukses Mega- Muzadi (M2) Sulawesi Selatan, Tahun 2004.

Selain hal di atas, Edward yang akrab dipanggil ”edo” hingga kini aktif sebagai fasilitator pemberdayaan masyarakat dan menulis artikel diberbagai media tentang pemuda, mahasiswa, nasionalisme, religiositas, lingkungan dan sosial politik.

Selama menjadi aktivis Mahasiswa, pernah di utus oleh Keduataan Besar USA melalui USIS mengikuti follow study tentang’ ”American Civil Society” di Amerika (San Fransisco, New York, Washington, Iowa, Ithaca dan Texas). Pernah juga menjadi anggota delegasi Indonesia pada Festival Budaya Asia Pasifik di Yi-Lan, Taiwan Tahun 2004 dan 2007.

2 komentar:

RWM Boong Bethony mengatakan...

Maju terus pantang mundur...kader GMKI nggak pantang mundur, kecuali di suruh panjat pohon mangga di Jagung Bakar.....

Teriring salam dan Doa.

Unknown mengatakan...

maju terus edo,ini siska tanamal,angkatan 85/86 kls 1 sebelas.sma negri 1,bawakaraeng,apa saja yg kamu kerjakan Tuhan akan membuatnya menjadi berhasil.GBU